MANTRA PARU

Posted by Surya Ningrat Thursday, December 1, 2011 0 comments


Selamat pagi…..

Bagi calon mbah dukun yang udah gak sabaran, kali ini kami akan coba berikan “mantra-mantra” untuk mengetahui terjangkit atau tidaknya seseorang dengan penyakit TB Paru, namun bagi yang baru hadir di forum ini kami persilahkan untuk menyimak postingan kami terdahulu agar sobat tidak bingung dan lebih nyambung ilmunya.

OK kita mulai saja…….

Gejala Klinik dari penderita TB Paru ini seperti kami sampaikan di postingan yang lalu memang tampak samar dan tidak terlalu mencolok/ tidak ada yang khas, gejala klinik sangat bervariasi dari suatu penyakit yang tidak menunjukkan gejala dengan suatu bentuk penyakit dengan gejala sangat mencolok. Tuberculosis paru menahun sering ditemukan secara kebetulan, misalnya pada suatu sigi atau pemeriksaan rutin, gejala yang dijumpai dapat akut, sub akut, tetapi lebih sering menahun.

a. Batuk
Gejala batuk timbul paling dini dan merupakan gangguan yang paling sering dikeluhkan. Biasanya batuk ringan sehingga dianggap batuk biasa atau akibat rokok. Proses paling ringan ini menyebabkan secret akan terkumpul pada waktu penderita tidur dan dikeluarkan saat penderita bangun pagi hari.

b. Dahak
Dahak awalnya bersifat mukoid dan keluar dalam jumlah sedikit. Kemudian berubah menjadi mukopurulen / kuning atau kuning hijau sampai purulen dan kemudian berubah menjadi kental bila sudah terjadi pengejuan dan perlunakan, jarang berbau busuk, kecuali bila ada infeksi anaerob.

c. Batuk darah
Darah yang dikeluarkan penderita mungkin berupa garis atau bercak-bercak darah, gumpalan-gumpalan darah segar dalam jumlah sangat banyak (profus). Batuk darah jarang merupakan tanda permulaan dari penyakit tuberculosis atau initial symptom, karena batuk darah merupakan tanda telah terjadinya ekskavasi dan ulserasi dari pembuluh darah pada dinding kavitis. Oleh karena itu, proses tuberculosis harus cukup lanjut untuk dapat menimbulkan batuk dengan ekspekiorasi. Batuk darah dapat pula terjadi pada tuberculosis yang sudah sembuh. Hal ini disebabkan oleh robekan jaringan paru atau darah berasal dari bronkiestasis yang merupakan salah satu penyulit tuberculosis paru.
Pada keadaan ini dahak sering tidak mengandung basil tahan asam (negatif).

d. Nyeri dada
Nyeri dada pada tuberculosis paru termasuk nyeri pleuritik yang ringan. Bila bertambah berat berarti telah terjadi pleuritis luas (nyeri dikeluhkan di daerah aksila, diujung scapula atau ditempat-tempat lain).

e. Wheezing
Wheezing terjadi karena penyempitan lumen endobronkus yang disebabkan oleh secret, bronkoslinosis, keradangan, jaringan granulasi, ulserasi dan lain-lain.
f. Dispneu
Dispneu merupakan kite symptom dari proses lanjut tuberculosis paru akibat adanya restriksi dan obstruksi saluran pernapasan serta loss of vascular bed / vascular trombosit yang mengakibatkan gangguan difusi, hipertensi pulmonal dan korumonal.


Gejala Umum

pada gambar dibawah jelas tampaknya tanda dan gejala umum Tb Paru, namun tetap akan kami coba jelaskan sedikit. simak bro...




a. Panas badan
Merupakan gejala paling sering dijumpai dan paling penting. Sering kali panas badan sedikit meningkat pada siang maupun sore hari. Panas badan meningkat atau menjadi lebih tinggi bila proses berkembang menjadi progresif sehingga penderita merasakan badannya hangat atau muka terasa panas

b. Menggigil
Dapat terjadi bila panas badan naik dengan cepat, tetapi tidak diikuti pengeluaran panas dengan kecepatan yang sama atau dapat terjadi sebagai suatu reaksi umum yang lebih hebat

c. Keringat malam
Keringat malam bukanlah gejala yang patogmokonis. Untuk penyakit tuberculosis paru keringat malam umumnya baru timbul bila proses telah lanjut, kecuali pada orang-orang dengan vasomotor lebih, keringat malam dapat timbul lebih dini. Nausea, takikardi dan sakit kepala timbul bila ada panas

d. Anoreksia (nafsu makan menurun)
Anoreksia dan penurunan berat badan merupakan manifestasi toksemia yang timbul belakangan dan lebih sering dikeluhkan bila proses progresif

e. Lemah badan
Gejala-gejala ini dapat disebabkan oleh kerja berlebihan, kurang tidur dan keadaan sehari-hari yang kurang menyenangkan. Karena itu harus dianalisa dengan baik dan harus lebih berhati-hati apabila dijumpai perubahan sikap dan temperamen (misalnya penderita yang mudah tersinggung), perhatian penderita berkurang atau menurun pada pekerjaan, anak yang tidak suka bermain atau penderita yang kelihatan neurotik.

Segitu dulu yach….

Sekali lagi jika ada yang belum dipahami atau ingin ditanyakan silahkan ditanyakan sama mbah dukun atau kontak kami/comment juga boleh. Sebagaimana pada postingan yang kemarin, silahkan sebarkan informasi ini disebarkan sebagai bagian dari amal kita dan bagi yang tertarik lebih lanjut tentang penyakit ini, silahkan dinantikan postingan berikutnya.

Wassalam……..
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: MANTRA PARU
Ditulis oleh Surya Ningrat
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://sehat4gratis.blogspot.com/2011/12/mantra-paru.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar namun dimohon tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar SPAM. Terima Kasih.

Modified by info update - Panduan Blogging SEO. Original by Bamz | Copyright of Sehat Gratis.

Total Tayangan