MARI PERKUAT MANTRA

Posted by El Mu Stiadi Sunday, December 4, 2011 0 comments
Selamat pagi…… Setelah pada postingan terdahulu telah kami beberkan mantra untuk mengetahui keadaan seseorang terkait penyakit TB PaRU INI, sudahkah sobat menerapkan di sekeliling sobat?? Jika belum dan masih ragu, kali ini kami akan coba sampaikan standar/acuan yang bisa sobat pakai untuk lebih memantapkan mantra sobat yang kemarin,so... mari perkuat mantara sobat. Jangan khawatir semua info yang kami berikan berdasarkan ahlinya yang langsung kami cantumkan di setiap statemen yang ada, jadi… dijamin sahih dech… Menurut Depkes (2001) penegakan diagnosis dapat dilakukan dengan pemeriksaan secara klinis, bakteriologis serta kelainan radiologis. Pada stadium dini penyakit tuberculosis biasanya tidak tampak adanya tanda atau gejala yang khas.tuberculosis dapat didiagnosis hanya dengan tes. Tuberkulin, pemeriksaan radiogram dan pemeriksaan bakteriologik. Menurut CDC suatu kasustuberculosis dapat diidentifikasi jika bakteri tidak diperoleh, maka laporan kasus tuberculosis dianggap benar bila hal-hal berikut ini dapat ditemukan (Public Health Servixe/Centers for Discase Control, 1980) a. Prosedur diagnostik sudah dilakukan dengan lengkap b. Bukti adanya infeksi tubekulosis (seperti tes tuberculin positif) c. Radiografi dada dengan hasil abnormal (tidak stabil / dapat memburuk atau membaik) dan atau bukti klinis akan adanya penyakit ini d. Keputusan untuk memberikan satu paket terapi yang lengkap dengan dua atau lebih obat antituberculosis (Sylvia, Price. 1995).
1) Diagnosis pada orang dewasa Diagnosis tuberkulosis paru pada orang dewasa dapat ditegakkan dengan ditemukannya BTA pada pemeriksaan dahak secara mikroskopis. Hasil pemeriksaan dinyatakan positif apabila sedikitnya dua dari tiga spesimen dahak SPS ditemukan BTA positif. Apabila hanya satu spesimen yang positif perlu diadakan pemeriksaan lebih lanjut yaitu foto rontgen dada atau pemeriksaan dahak SPS diulang. Kalau hasil rontgen mendukung diagnosis tuberkulosis paru, maka penderita didiagnosis sebagai penderita tuberkulosis BTA positif. Sedangkan jika hasil rontgen tidak mendukung penegakan diagnosis tuberkulosis paru, maka pemeriksaan dahak SPS diulang lagi. Apabila ketiga spesimen dahak hasilnya negatif, diberikan antibiotik spektrum luas misalnya kotrimoksasol atau bisa juga diberikan amoksilin selama satu sampai dua minggu. Bila tidak ada perubahan, namun gejala klinis mencurigakan kearah penyakit tuberkulosis, ulangi pemeriksaan dahak SPS. Jika hasil pemeriksaan dahak SPS hasil positif, didiagnosis sebagai penderita tuberkulosis paru BTA positif. Jika hasil pemeriksaan dahak tetap negatif, lakukan pemeriksaan rontgen dada untuk mendukung diagnosis tuberkulosis. Bila hasil rontgen mendukung tuberkulosis, didiagnosis sebagai penderita tuberkulosis BTA negatif rontgen positif. Bila hasil rontgen tidak mendukung tuberkulosis maka penderita tersebut bukan penderita tuberkulosis paru. 2) Diagnosis Tuberkulosis Pada Anak Diagnosis paling tepat adalah ditemukannya kumantuberculosis dari bahan yang diambil dari penderita, misalnya dahak, bilasan lambung uberc dan lain-lain, akan tetapi pada anak-anak hal ini sulit dan jarang dilakukan sehingga sebagian besar diagnosis tuberculosis paru pada anak didasarkan atas gambaran klinis, gambaran foto rontgen dada dan uji tuberculos. Untuk itu penting memikirkan adanya tuberculosis paru pada anak kalau terdapat tanda-tanda yang mencurigakan atau gejala-gejala seperti dibawah ini :
a) Seorang anak harus dicurigai menderita tuberculosis kalau : (1) Mempunyai sejarah kontak erat dengan penderita tuberculosis BTA positif . (2) Terdapat reaksi kemerahan cepat setelah suntikan BCG dalam tiga sampai tujuh hari. (3) Terdapat gejala umum tuberculosis. Sekarang semakin jelas kenapa penyakit ini begitu berbahaya… ternyata anak-anak pun banyak yang diserang oleh penyakit ini. Lalu bagaimana kita bisa berjaga-jaga agar jangan sampai anak-kita yang terkena? Nantikan tayangan kami berikutnya, jangan lupa sebarkan segala yang baik yang anda/sobat temukan di postingan kami sebagai bagian dari amal kita. Semua comment dan pertanyaan insyaAllah akan kami respons sebaik-baiknya. Wassalam………
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: MARI PERKUAT MANTRA
Ditulis oleh El Mu Stiadi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://sehat4gratis.blogspot.com/2011/12/mari-perkuat-mantra.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar namun dimohon tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar SPAM. Terima Kasih.

Modified by info update - Panduan Blogging SEO. Original by Bamz | Copyright of Sehat Gratis.

Total Tayangan