Beware Penyebaran Virus Zika Di Dunia

Posted by Berita Hangat Thursday, March 31, 2016 0 comments
Beberapa waktu lalu dunia heboh memberitakan mengenai penyebaran virus Zika di dunia yang sedang terjadi di Amerika latin terutama di Brasil dan Kolombia. Penyebaran virus ini juga sampai ke Eropa dan Asia.
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan keadaan darurat kesehatan masyarakat terkait virus Zika. Bentuk pencegahan terbaiknya adalah melindungi diri dari gigitan nyamuk


"Zika virus is an emerging mosquito-borne virus that was first identified in Uganda in 1947 in rhesus monkeys through a monitoring network of sylvatic yellow fever. It was subsequently identified in humans in 1952 in Uganda and the United Republic of Tanzania. Outbreaks of Zika virus disease have been recorded in Africa, the Americas, Asia and the Pacific".

• Genre: Flavivirus • Vector: Aedes mosquitoes (which usually bite during the morning and late afternoon/evening hours) • Reservoir: Unknown

Dalam kebanyakan kasus penyebaran virus Zika di dunia, tidak ada gejala yang tampak. Pada wanita hamil, penyakit ini dapat menyebabkan cacat pada bayi yang lahir. Hubungan antara Zika dan kelumpuhan (Sindrom Guillain-Barré) sedang diinvestigasi.

Saat tampak penyebaran virus Zika di dunia, gejalanya bersifat ringan dan berlangsung kurang dari seminggu. Gejalanya mencakup demam, ruam, nyeri sendi, dan mata merah.
Belum ada vaksin atau pengobatan yang spesifik untuk penyebaran virus Zika di dunia. Saat ini, pengobatan berfokus untuk meredakan gejalanya dengan cara istirahat, rehidrasi, dan pemberian parasetamol untuk demam dan nyeri. Aspirin dan obat anti-inflamasi nonsteroid (non-steroidal anti-inflammatory drugs/NSAID) seperti ibuprofen sebaiknya tidak digunakan.


Apakah virus Zika ini sudah ada di Indonesia? penyebaran virus Zika di dunia Tahun lalu 2015, lembaga Eijkman Jakarta telah berhasil mengisolasi virus Zika ini di Indonesia. Bahkan dari hasil penulusuran di kepustakaan ternyata pada tahun 1981, peneliti Australia telah melaporkan pasien penderita virus Zika setelah bepergian ke Indonesia

Cara penyebaran
Melalui sengatan atau gigitan hewan ataupun serangga. Melalui hubungan seks vaginal, anal, atau oral tanpa alat pengaman.

Pencegahan penyebaran virus Zika di dunia sama seperti pencegahan infeksi demam berdarah yaitu pemberantasan sarang nyamuk.

Penyakit virus Zika sama seperti infeksi virus demam berdarah bisa kita tekan kasusnya jika kita dapat melakukan pemberantasan sarang nyamuk temukan jentik dan sosialisasikan 3 M (Mengubur,Mengurus dan Menutup) yang sudah menjadi slogan Kemenkes.

dari berbagai sumber
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Beware Penyebaran Virus Zika Di Dunia
Ditulis oleh Berita Hangat
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://sehat4gratis.blogspot.com/2016/03/beware-penyebaran-virus-zika-di-dunia.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar namun dimohon tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar SPAM. Terima Kasih.

Modified by info update - Panduan Blogging SEO. Original by Bamz | Copyright of Sehat Gratis.

Total Tayangan